Friday, May 27, 2011

Cara Belajar Bahasa Inggris di Rumah

metodebelajarbahasainggris.blogspot.com - Jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris, apakah Anda harus tinggal di negara yang berbahasa Inggris? Tidak juga! Kami dapat menunjukkan cara belajar bahasa Inggris yang mudah untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda tanpa harus meninggalkan rumah!

Kelilingi diri Anda dengan bahasa Inggris
Temukan cara untuk membuat bahasa Inggris menjadi bagian dari keseharian Anda, seperti menulis daftar belanja, mendengarkan radio, menulis buku harian, atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dalam perjalanan menuju ke kantor.

Berteman dengan seseorang yang berbahasa Inggris
Walaupun Anda tidak tinggal di negara berbahasa Inggris, ada kemungkinan banyak orang asing yang tinggal di negara Anda. Carilah cara untuk bertemu dengan penutur asli berbahasa Inggris: pergi ke bar dan restoran internasional, mengikuti olahraga dan klub sosial, atau mengadakan acara pertukaran bahasa.

Cari rekan belajar
Anda tidak membutuhkan penutur asli untuk melatih bahasa Inggris Anda. Carilah rekan belajar, atau bentuk sebuah "English club" dan berkumpul secara rutin untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Anda bisa saling memberi motivasi, dan Anda akan belajar dari membantu rekan lainnya mengatasi kesulitan mereka.

Menggunakan materi asli
Gunakan materi yang asli untuk belajar bahasa Inggris, bukan hanya buku pelajaran. Jika Anda tidak bisa menemukan buku atau majalah dalam bahasa Inggris, gunakan internet. Mengapa tidak Anda lihat Englishtown Magazine untuk membaca beberapa artikel yang lebih mudah?

Bergabung dengan komunitas internasional
Internet adalah alat belajar yang sangat bagus, dan dapat membawa Anda untuk berhubungan dengan orang-orang dari seluruh dunia. Bergabunglah dengan ruang chat, ikuti kursus online, dan carilah sahabat pena untuk melatih bahasa Inggris Anda sekaligus mempelajari budaya berbeda. Kunjungi Englishtown.com untuk beberapa ide lainnya!

Tentukan tujuan yang realistis
Berikan diri Anda alasan untuk belajar: Apakah Anda ingin mendapat promosi, bisa bicara dengan rekan kerja Anda yang berasal dari luar negri, atau berlibur ke negara berbahasa Inggris? Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan perhatikan perkembangan Anda.

Dengarkan bahasa Inggris yang benar
Latihlah telinga Anda dengan mendengarkan kata-kata dalam bahasa Inggris yang dikatakan dengan kecepatan normal, bahkan jika tidak mengerti apapun. Juga berlatihlah mendengar tanpa melihat catatan.

Temukan cara menyenangkan untuk mempelajari kata-kata baru
Jika Anda suka bernyanyi, maka carilah arti kata-kata dalam lagu-lagu berbahasa Inggris favorit Anda. Atau jika Anda ingat apa yang Anda lihat, catatlah kata-kata baru pada 'Post-it' dan tempelkan kata-kata tersebut di sekitar Anda.

Belajar mengenai kebudayaan baru
Cari tahu tentang orang-orang dan kebudayaan tentang negara berbahasa Inggris. Belajar bahasa tidak hanya mengenai tata bahasa dan kosa kata: juga mengenai berkomunikasi dengan orang yang memiliki cara berpikir dan berbicara yang berbeda!

Apapun yang Anda lakukan, bersenang-senanglah!
Belajar bahasa memerlukan usaha, tapi akan bisa lebih mudah untuk Anda jika Anda menikmatinya. Bermainlah, isi teka-teki silang, bernyanyi, membaca komik, dan jangan terlalu khawatir untuk berbuat kesalahan!

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment